Monalisa dalam episode hidup kita

posted in: Uncategorized | 0

  1. Tak satupun cobaan yg terjadi tanpa ijin Allah swt.
  2. Bisa jadi “Monalisa” adalah cobaan dlm wujud harta, tahta, wanita dan puluhan variannya.
  3. Variannya bisa : ujub, sombong, riya’, takabur, iri, dengki, haus sanjungan,  munafik, kikir, bodoh, malas, egois, buruk sangka, fitnah,  rakus,  nafsu syahwat, dan cinta dunia. Hati2. Jika dihampiri varian tersebut, kita bisa  tumbang. Dari mulia menjadi hina.
  4. Bisikan setan, jin, iblis, hantu, demit, sundel bolong, genderuwo, wewe gombel, dalbo, ghost, nini towok, tuyul, suster ngesot sampai suster ngepot, bisa sangat halus berbisik ke telinga manusia. Adam dan Hawa pernah tergelincir lalu diturunkan dari surga. Dari mulia menjadi hina. Dan Allah menerima taubat nabi Adam.
  5. Sudah berlalu Monalisa dalam episode hidup kita dan mestinya kita memahami Monalisa yg mana yg paling sulit kita takhlukkan. Dan berpolitik adalah areal paling abu-abu sekaligus paling gelap. Disitulah Monalisa menjebak manusia. Nyatanya manusia memang makhluk yg mudah tergelincir, sebagaimana Adam dahulu kala. (QS Al A’raaf 7 : 27).
  6. QS Ali Imran : 14. “Dijadikan indah pada (pandangan) manusia kecintaan kepada apa-apa yg diingini, yaitu ; wanita-wanita, anak-anak, laki-laki, harta yang banyak dari jenis emas dan perak, kuda pilihan, binatang-binatang ternak dan sawah ladang. Itulah kesenangan hidup di dunia, dan di sisi Allah-lah tempat kembali yg baik”. Itulah peringatannya.
  7. Solusinya, pada QS Ali `Imrān 33 :15 – Katakanlah: “Inginkah aku kabarkan kepadamu apa yang lebih baik dari yang demikian itu?”. Untuk orang-orang yang bertakwa (kepada Allah), pada sisi Tuhan mereka ada surga yang mengalir dibawahnya sungai-sungai; mereka kekal didalamnya. Dan (mereka dikaruniai) isteri-isteri yang disucikan serta keridhaan Allah. Dan Allah Maha Melihat akan hamba-hamba-Nya”.
  8. Saatnya muhasabah (instrospeksi diri) di bulan ramadhan ini. Ini perintah Allah dlm QS Al-Hasyr 59:18. Dengan muhasabah kita tahu sifat lemah, aib, dosa dan keburukan kita, untuk segera taubat dan berbenah. Saat tepat muhasabah adalah pada bulan ramadhan, ketika kita berpuasa dan setan serta turunannya dibelenggu.
  9. Bulan ramadhan memang luar biasa. Bisa menjadi benteng pertahanan. Bisikan setan, jin, ghost dan seluruh variannya bisa dipatahkah. Bahkan hiruk pikuk fitnah di dunia politik dapat diminimalisir bahkan dieliminir. Andai bisa dipertahankan benteng ramadhan ini di 11 bulan berikutnya.
  10. Telah berlalu Monalisa dalam episode kehidupan kita dan kita harus muhasabah (instrospeksi) dengan jujur agar bisa meraih posisi taqwa. Smtr setan, iblis, jin dll, tak tinggal diam dan sepertinya sedang memperbaharui jenis senjatanya dengan varian lain. Nampaknya pertempuran antara yang hak dan yang bathil tak pernah padam.
  11. Jika masih ada jenis yg sulit dipadamkan adalah jenis GHOST…. dari namanya jelas ia jenis import 😆.  Seperti sarang tawon, tak mengganggu jika tak diganggu. Seperti halnya Riya’, tiba-tiba saja muncul dan menghancurkan amalan kita. Ghost yg lalu bercokol di partai politik, penuh intrik dan tipu daya. Ghost yang sekarang nampaknya varian baru yg sulit dideteksi…. seperti juga Riya’ …. (Ah…jangan pernah lagi tertipu dan terjebak di wilayah abu-abu). Seperti juga riya’ ….seperti juga riya’…. halus.

 

10 Juni 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.